TK Al Kautsar, Curug Gunungsindur, Bogor









28 September 2010

3 Cara Membujuk Anak Agar Mau Makan Sayur

Jakarta - Memberi hadiah makanan favorit untuk anak ketika ia mau makan sayuran merupakan sebuah kesalahan. Cara berikut ini lebih efektif untuk membiasakan anak memakan sayuran.

Tampaknya menyogok si kecil agar mau memakan sayur dengan memberikan es krim, permen, cokelat atau makanan kesukaannya adalah solusi yang cepat. Dengan begitu, anak mendapatkan gizi dan Anda pun tidak pusing membujuknya.

Sayangnya, cara tersebut malah bisa mengganggu mentalitas si kecil dalam jangka panjang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Leann Birch, PhD, seorang profesor human development di Penn State University, mengungkapkan bahwa hal tersebut malah meningkatkan rasa enggan si kecil yang lebih besar terhadap brokoli, bayam, wortel dan sayuran lainnya.


Seperti yang dikutip dari eatinghealth, mungkin membujuk anak dengan makanan manis bisa sesekali saja dilakukan tapi tidak setiap saat. Ada cara yang lebih baik dari pada membujuknya dengan permen.

1. Berikan contoh dengan mengonsumsi makan sayur di depan anak dan ajaklah ia untuk memakannya bersama Anda.
2. Buatlah penyajian sayur semenarik mungkin. Misalnya masak sup dengan potongan wortel yang menyerupai bunga atau menambahkan makaroni dengan bentuk menarik.
3. Ajak si kecil memasak sayuran tersebut bersama Anda. Dengan begini, diharapkan anak akan mencoba memakan apa yang telah dimasaknya.

Anda tidak perlu melarangnya mengonsumsi makanan manis. Jika memaksanya, ini malah membuat si kecil memakan makanan manis tanpa sepengetahuan Anda. Lebih baik, ajarkan dia mengonsumsi makanan manis yang alami seperti madu atau buah-buahan.
(eya/eya)

wolipop.com 

0 komentar:

Posting Komentar